TNI siap layani SMS pengaduan masyarakat

tni bekerja sama dengan empat pengusaha toko jasa telekomunikasi (provider) untuk menerima pesan singkat (sms) gateaway pengaduan dan laporan masyarakat dengan kode akses 1978 secara tidak sulit dan segeralah.

inspektur jenderal (irjen) tni letjen tni geerhan lantara, mewakili panglima tni menandatangani perjanjian kerja sama perihal layanan sms gateway dengan empat penyelenggara jasa telekomunikasi (pt. telekomunikasi selular tbk, pt indosat tbk, pt. telekomunikasi indonesia tbk, juga pt xl axiata tbk) pada aula gatot subroto mabes tni cilangkap, jakarta timur, selasa.

layanan sms gateway melalui kode akses 1978 adalah upaya pelayanan pengaduan warga (dumas) tentang kinerja tni.

dengan adanya sistem masih tersebut, dicari masyarakat mampu melaporkan setiap tindakan prajurit tni dan melanggar ketentuan berlaku.

Informasi Lainnya:

inspektur jenderal (irjen) tni letnan jenderal tni geerhan lantara, mengatakan, layanan sms ini dijadikan jenis kepedulian tni pada upaya mencegah serta meminimalisir kemungkinan kehadiran penyimpangan / pelanggaran di penyelenggaraan tugas pokok tni, dan realisasi komitmen tni pada upaya menciptakan transparansi serta reformasi birokrasi guna mendukung kebijakan pemerintah menuju pemerintahan dan bersih serta menarik (clean government and good governance).

sistem ini akan memantau semua tindakan prajurit tni dan melanggar ketentuan yang berlaku, katanya seraya menyatakan keempat provider mau mampu mentransfer Informasi dari penduduk ke server milik tni.

kami bertujuan untuk membuka akses kontrol sosial. setiap permasalahan dan ditampilkan dalam luar juga dilaporkan warga, mau kami bahas dan dipastikan mau diselesaikan berdasarkan kebenaran, kata geerhan.

menurut dia, panglima tni sangat konsern menuntaskan sebuah permasalahan dan terjadi yang melibatkan anggotanya. penyampaian info dan benar dan amat diperlukan supaya menuntaskan sebuah permasalahan.

irjen tni menambahkan, layanan ini dan supaya memberdayakan penduduk di rangka ikut dan menciptakan penyelenggaraan negara yang bersih serta bebas dari korupsi, kolusi, juga nepotisme termasuk tni bisa memperbaiki pelaksanaan tugasnya sesuai melalui harapan penduduk.

geerhan mengharapkan, layanan single number kode akses `1978` kedepannya bisa menampung ada partisipasi masyarakat di rangka pengawasan kepada kinerja tni dengan khusus. mou tersebut sendiri mau berlaku dalam tiga tahun supaya kemudian diperbaharui pas melalui perkembangan teknologi.

adapun prosedur teknis pelaksanaan partisipasi warga melalui pesan pendek diantara lain pengirim mengirimkan pesan pendek ke tni dengan nomor 1978. kemarin, operator menerima pesan pendek dari pengirim serta meneruskannya di jenis data ke aplikasi server tni dan diakses melalui internet.

selanjutnya server tni menerima data dan masuk ke di aplikasi server tni. tarif biaya yang dimanfaatkan merupakan sama melalui tarif pesan pendek biasa pas melalui tarif normal. maka, tak perlu sungkan-sungkan agar mengkritik kinerja tni, ujarnya.